Minggu, 31 Mei 2009

MENSTRUASI

semua boleh tau, kita cek sedikit informasinya yuk !

normalkah jika wanita selalu mengalami PMS setiap menjelang menstruasi ?
tentu saja normal. lagipula PMS itu bukanlah suatu penyakit. PMS hanya merupakan gangguan hormonal yang dialami setiap wanita menjelang menstruasi. Gejalanya yang dialami oleh setiap wanitapun berbeda tergantung dari kadar hormon masing-masing. Dari yang ringan, seperti malas, nyeri pinggang, sakit kepala hingga yang terberat seperti kram perut hebat, migrain hingga pingsan.

apakah melakukan olahraga berat seperti lari jarak jauh atau fitnes, diperbolehkan saat menstruasi ?
tentu saja boleh,asalkan pada saat terjadinya pendarahan tubuh tidak merasakan sakit yang berlebihan. Tapi jika telah selesai berolah raga, pastikan tubuh cukup mendapat asupan makanan yang bergizi dan mendapat istirahat yang cukup.

amankah meminum obat penghilang rasa sakit di hari pertama menstruasi ?
tentu saja aman. Obat tersebut tidak membayakan kesehatan karena biasanya tidak diminum dalam jangka waktu yang lama. Begitu rasa sakit menghilang atau berkurang, maka segera hentikan pemakaian. Tapi jika rasa sakitnya masih saja belum berkurang, sebaiknya segera hubungi dokter.

bagaimana caranyamengurangi rasa perut kembung saat menstruasi ?
beberapa wanita seperti merasa menahan air saat menstruasi sehingga perut terasa kembung. Bila Anda mengalami hal ini, coba kurangi konsumsi garam pada makanan. Cara ini cukup terbukti membantu. Perbanyak konsumsi buah, sayuran dan sereal, serta hindari minuman kola dan makanan berlemak

mengapa saat menstruasi agak terasa nyeri saat buang air besar di sekitar daerah bagian bawah perut?
pada saat menstruasi tubuh juga sedang mengeluarkan zat peradangan yang akan menimbulkan rasa sakit. Tapi jika sakitnya spesifik pada saat BAB maka sebaiknya diperiksakan langsung keahli kandungan, karena penyakit endometriosis mempunyai karakter yang seperti itu (yaitu keluhan timbul selalu pada saat perdarahan haid.)

mengapa menstruasi datangnya tidak beraturan ?
bisa jadi hal ini terjadi karena tidak adanya sel telur yang matang atau matang tapi tidak pecah (ovulasi). Sehingga tidak ada hormon progesteron yang menyebabkan jatuhnya selaput lendir dalam rahim. Biasanya kasus ini terjadi berkaitan dengan masalah gangguan hormon, stres, diet yang terlalu ketat atau terjadinya radang atau infeksi. Jika Anda melewatkan siklus menstruasi selama tiga kali berturut-turut sebaiknya segera temui dokter Anda.

kenapa jerawat selalu banyak setiap menstruasi akan datang ?
jerawat ang dialami menjelang menstruasi disebabkan pengaruh hormonal. Jagalah kebersihan kulit agar mencegah terjadinya infeksi. Jika perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pembersih wajah dan obat yang cocok.

mengapa saat menstruasi daerah vagina terasa gatal ?
pemakaian celana yang terlalu ketat biasanya akan membuat daerah genital menjadi lembap. Kondisi lembap inilah yang menyebabkan terjadinya peradangan atau infeksi (salah satu gejalanya adalah rasa gatal). Atasi kondisi ini dengan teratur mengganti pembalut, agar daerah genital tetap kering selama menstruasi. Rasa gatal bisa juga disebabkan karena Anda tidak cocok dengan pembalutnya yang Anda pakai. Jadi, coba ganti dengan jenis lain yang tidak menyebabkan gatal dan iritasi.

www.menstruasi.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar